Senin, 15 Mei 2017

MATERI 2

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
KOMUNIKASI DATA PARALEL


1.1      Definisi
Port adalah gerbang yang digunakan sebagai konektor atau penghubung antara perangkat peripheral dengan suatu mainboard pada sistem komputer. Ports memperbolehkan data dikirim atau diterima ke/dari perangkat eksternal.
Arti istilah Port dianggap berkaitan erat dengan komputer jaringan, istilah ini dianggap sebagai sebuah kanal dalam sistem komunikasi. Biasanya port ini diberi nomor logic. Atau port adalah tempat, saluran, tujuan. Suatu alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan computer dengan peripheral lainnya. Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti external, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, paralel dan beberapa port USB.
Parallel adalah sistem pengiriman data digital, dimana beberapa bit data dikirim sekaligus pada satu saat dengan menggunakan jalur terpisah. Jadi port paralel adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar untuk mengirim data digital seperti printer model lama. Karena itu parallel port sering juga disebut printer port. Perusahaan yang memperkenalkan port ini adalah Centronic, maka port ini juga disebut dengan Centronics port.
Port Parallel merupakan pengembangan dari teknologi komputer yang digunakan soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama. Untuk itu, port parallel saat ini sangat berperan penting dalam teknologi modern. Arti istilah parallel yaitu sistem pengiriman data digital, dimana beberapa bit data dikirim sekaligus pada satu saat dengan menggunakan jalur terpisah.

1.2              Paralel Port sebagai Saluran Interface I/O
Didalam sebuah komputer terdapat dus jenis Port, yaitu Port Fisik (physical Port) dan Port logika (logical Port).
a.                   Port Fisik (physical Port) adalah socket atau slot yang terdapat dibagian belakang CPU yang digunakan sebagai penghubung perangkat komputer Mouse, keyboard, monitor , dsb.
b.                  Port Logika (logical Port) adalah socket atau port yang digunakan oleh software untuk melakukan koneksi dengan komputer lain ataupun dengan internet tentunya.
Port parallel merupakan salah satu tipe antarmuka pada computer untuk berhubungan dengan perangkat peripheral. Port parallel dikenal juga sebagai printer port atau centronics port. Port parallel ini berfungsi sebagai penghubung motherboarddengan printer jenis lama, beberapa scanner, sound card, web cams, gamepads, joystick, dan eksternal CD-R atau CD-RW.

Dewasa ini, antarmuka port parallel mulai jarang digunakan karena berkembangnya teknologi port universal serial bus (USB) dan FireWire device (High speed serial bus)
Port paralel banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi antarmuka (interface). Port ini membolehkan kita memiliki masukan hingga 8 bit atau keluaran hingga 12 bit pada saat yang bersamaan, dengan hanya membutuhkan rangkaian eksternal sederhana untuk melakukan suatu tugas tertentu. Port paralel ini terdiri dari 4 jalur kontrol, 5 jalur status dan 8 jalur data. Biasanya dapat pula dijumpai sebagai port pencetak (printer), dalam bentuk konektor DB-25 betina (female).
Port parallel terbaru yang distandarisasi dengan IEEE.1284 yang dikeluarkan pada tahun 1984, mendifinisikan 5 macam mode operasi sebagai berikut :
a.       Mode Kompatibilitas
b.       Mode Nibble
c.      Mode Byte
d.     Mode EPP
e.      Mode ECP

Tujuan Standarisasi ini adalah untuk mendesain driver dan perlatan yang baru sehingga kompatibel dengan peralatan lainnya dan standard parallel port sebelumnya (SPP) yang diluncurkan pada tahun 1981. Mode Kompatibilitas, Nibble, dan Byte digunakan sebagai standard perangkat keras yang tersedia di port parallel original. Sedangkan untuk EPP dan ECP membutuhkan tambahan hardware sehingga mampu bekerja dengan kecepatan tinggi.
Mode Kompatibilitas atau sering disebut “Centronics” hanya dapat mengirimkan data pada arah maju (dari Host ke device external) dengan kecepatan 50 Kbyte sampai 150 Kbyte perdetik. Untuk menerima data harus diubah modenya menjadi mode Nibble atau Byte. Mode Nibble dapat menerima data 4 bit (Nibble) sedangkan mode Byte dapat menerima data 8 bit (1 byte). Port ECP dan EPP menggunakan tambahan hardware untuk menghasilkan dan mengatur handshaking(Sinyal – Sinyal tanda acknowledge).

Konfigurasi port parallel
Pada parallel port DB-25, data dikirim sebanyak 1 byte (8 bit) dalam sekali detak melalui pin ke-2 hingga pin ke-9 (D0-D7 = Data Pin) kepada perangkat peripheral. Data yang dikirim berupa biner yang di representasikan dalam bentuk sinyal tegangan (missal : 0V untuk 0 dan +5V untuk 1). Untuk meneriman data dari perangkat peripheral, digunakan 5 buah status pin (pin 10, 11, 12, 13, 15). Setiap pin dapat menerima 1 bit data dalam sekali detak.
Terdapat 4 buah pin control (C0 – C3 = pin 1, 14, 16, 17). Control pin dapat mengirim data ke perangkat peripheral dan juga menerima data dari peripheral. Pin ini bersifat bidireksional. Berbeda dengan data pin dan control pin, mereka bersifat uni-direksional (dapat menerima atau mengirim data saja). Pin – pin sisanya (pin 18 - 25) adalah ground pin. Dibentuk hanya untuk melengkapi rangkaian.

 Register komunikasi
Ada tiga macam register pada paralel port yaitu register data, register status, dan register kontrol. Pada gambar dibawah ini ditunjukkan konfigurasi pin Paralel Port.

Gambar 3.2. Konfigurasi Pin Port Paralel (Port Printer) PC

Paralel Port sering disebut printer port karena port tersebut dirancang untuk melayani pencetak paralel. Komputer biasanya memiliki lebih dari satu paralel port, yang stu berada di video adapter, sebuah lagi di multi I/O atau multi function card. Paralel port yang bukan di video adapter memiliki beberapa nama yaitu LPT1 dan LPT2. masing-masing memiliki alamat sendiri. Untuk memudahkan istilah, paralel port yang di video adapter selanjutnya dinamai LPT0. untuk menyingkat nama, paralel port selanjutnya disebut LPT.

LPT 0
LPT 1
LPT 2
NAMA
SIFAT
3BC H
378 H
278 H
Data Port (DP) 8-bit
R / W
3BE H
37A H
27A H
Printer Control (PC) 5/4-bit
R/ W
3BD H
379 H
279 H
Printer Status (PS) 5 -bit
R
Tabel 1.  Nomor dan Nama Register Paralel Port

a.            DP (Data Port)
DP (Data Port) terdiri dari 8 bit yang didukung oleh IC 74LS374 sehingga mampu mengeluarkan arus 2,6mA pada logika 1 dan 24mA pada logika 0.

b.           PC (Printer Control)
PC (Printer Control) terdiri dari 8 bit yang masing-masing kegunaannya dapat dilihat pada karekteristik pin paralel port. Semua keluaran Printer control berasal dari IC 7405, open collector dengan 4K7 resistor pull up.
Logika 0 mampu menanggung beban 7mA, sedangkan logika 1 mampu menanggung 0,6mA. Bit 0, 1 dan 3 bersifat terbalik (invert), artinya jika register PC sedang berlogika 1, maka kaki pin (DB25) yang bersangkutan berlogika 0, demikian pula sebaliknya. Logika 1 di bit 4 meng-enable IRQ7.

c.            PS (Printer Status)
PS (Printer Status) terdiri dari 8 bit (bit 0, 1 dan 2 tidak dipakai). Adapun fungsi masing-masing pin dapat dilihat pada karekteristik pin paralel port. Perubahan logika 1 ke logika 0 pada PS bit 6 (Acknowledge) membangkitkan sela perangkat keras IRQ7. Akan tetapi, perangkat tersebut sebelumnya harus di-enable oleh PC bit 4. Semua LPT memakai sebuah sela, yaitu IRQ7.

Kelebihan dan Kekurangan Port Parallel
a.      Kelebihan Port parallel
Pengiriman data lebih cepat

b. Kekurangan Port parallel
-          Menggunakan banyak jalur
-          Hanya efektif untuk jarak pendek
-          Dewasa ini sudah jarang digunakan

Anonim. 2008. Port Parallel. http://anonkmp.files.wordpress.com/2008/04/port-parallel1.pdf. Tanggal akses : 19 Mei 2014
Hermanto, Lucky. 2011. Konsep Komunikasi Paralel.http://luckyhermanto.dosen.narotama.ac.id/files/2011/10/konsep-komunikasi-paralel.pdf. Tanggal Akses : 12 Mei 2014
Fajar, Aufar 2014. Parallel Port. http://www.slideshare.net/farfajar/parallel-port. aufar fajar et al.2014. Tanggal Akses : 12 Mei 2014

Author:

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright ©2016 SUMUR ILMUKU • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger